kuala lumpur

Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2 (Update 2022)

Karena di postingan tentang Transit di KLIA banyak banget yang nanya soal cara menuju kota Kuala Lumpur dari KLIA 2, akhirnya saya putuskan aja untuk menulis artikel khusus tentang ini. Cekidot ya…

KLIA dan KLIA2 terletak di Sepang, jaraknya kurang lebih 55km dari kota Kuala Lumpur. Nah, dari KLIA2 menuju kota Kuala Lumpur bisa menggunakan 3 moda transportasi.

Naik Bus dari KLIA

Image result for skybus klia
FOTO: KLIA2.INFO

Ini cara termurah yang bisa dilakukan untuk mencapai Kuala Lumpur dari KLIA2 ataupun KLIA. Bus-bus ini akan menuju KL Sentral. Lalu di Sentral, Anda bisa melanjutkan ke penginapan atau tempat lain dengan menggunakan LRT atau Monorail atau taksi.

Waktu perjalanan dari KLIA2 menuju KL Sentral dengan bus sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung kondisi lalu lintas di dalam kota KL.

Begitu keluar dari imigrasi dan kustom, carilah tanda panah yang menunjukkan shuttle bus/couch bus. Adanya di lantai 1, turun 1 lantai dari lantai kedatangan.

Tiket bus bisa dibeli di tempat (di loket-loket yang ada di lantai 1). Saat ini (Desember 2022) harganya 15 RM one way. Untuk jadwalnya, bisa dicek di https://www.skybus.com.my Saya lebih suka beli on the spot saja karena jumlah busnya cukup banyak dan tak perlu khawatir tertinggal.

Taksi Resmi dari KL Sentral

Bus ini akan berhenti di KL Sentral. Dari sana, bisa menggunakan monorail atau LRT untuk mencapai tempat lain. Kalau mau ke bukit bintang, tinggal gunakan monorail yang terhubung langsung dengan KL Sentral ini.

Jika bawaan segambreng dan ingin menggunakan taksi, sebaiknya gunakan taksi resmi, jangan menggunakan taksi yang ditawarkan dekat tempat turun bus.

Cara menemukan taksi resmi: dari tempat turun bus naiklah, lalu jalan lurus sampai menemukan eskalator setelah McD (dan ada tanda panah bertuliskan “taksi”). Naik eskalator,  dan di sebelah kanan sebelum pintu kaca akan ada konter taksi resmi. Belilah tiket taksi di sana.

Harga taksi resmi jauuh berbeda dengan harga taksi tak resmi yang ditawarkan di tempat turun bus. Untuk menuju daerah Bukit Nanas (tak jauh dari Bukit Bintang), supir taksi di dekat tempat turun bus meminta harga 45RM. Padahal kalau taksi resmi, harganya cuma 17RM. Lebih bagus pula taksinya!

Naik Kereta KLIA Express

Image result for klia express
KLIA Express dari KLIA ke KL Sentral

KLIA Express adalah moda transportasi yang paling cepat untuk mencapai kota Kuala Lumpur (KL Sentral), tapi ya itu, harganya lumayan mahal.  Sekali jalan bisa mencapai RM55 alias 200 ribu rupiah. Saya mah sayang duitnya, bisa dipakai buat beli nasi lemak 5-7 kali!

Namun kalau terburu-buru atau takut ketinggalan pesawat, KLIA Express ini bisa jadi pilihan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai KL Sentral dari KLIA2. Letak stasiunnya di KLIA juga lebih dekat ke area departure, kalau dibanding tempat skybus.

Layout plan, level 2 of gateway@klia2 Mall
Lokasi KLIA Ekspress

Lebih lengkap soal KLIA Express bisa dilihat di web resmi mereka ya…

Naik Grabcar

Kalau datang bersama kawan-kawan dan lagi tak pengen repot saya memilih naik Grabcar. Dari bandara ke KL tarifnya 65rm plus tol 10rm. Total 75rm. (Kalau mau cek harga perkiraannya, bisa klik link https://www.grab.com/my/fare-check/ ya)

Aplikasi Grabcar yang dipakai di Indonesia bisa langsung dipakai di sana, tanpa perlu men-setting apapun.

Yang perlu diingat, kebanyakan mobil mereka bentuknya sedan, jadi hanya muat 3-4 orang, plus koper atau tas yang nggak terlalu besar. Ada baiknya, sebelum naik, dicek dulu ke supirnya jenis mobilnya. Jangan sampai ketika mau naik, sopirnya ngomel karena mobilnya terlalu penuh.

Jika lebih dari 3 orang, pilih mobil XL yang kapasitasnya mobilnya lebih besar. Saya belum pernah coba dan tak pernah ngecek juga, karena baru dua kali pesab grab dari bandara dan dua-duanya cuma bertiga.

44 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!