Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2 (Update 2022)

Karena di postingan tentang Transit di KLIA banyak banget yang nanya soal cara menuju kota Kuala Lumpur dari KLIA 2, akhirnya saya putuskan aja untuk menulis artikel khusus tentang ini. Cekidot ya…

KLIA dan KLIA2 terletak di Sepang, jaraknya kurang lebih 55km dari kota Kuala Lumpur. Nah, dari KLIA2 menuju kota Kuala Lumpur bisa menggunakan 3 moda transportasi.

Naik Bus dari KLIA

Image result for skybus klia
FOTO: KLIA2.INFO

Ini cara termurah yang bisa dilakukan untuk mencapai Kuala Lumpur dari KLIA2 ataupun KLIA. Bus-bus ini akan menuju KL Sentral. Lalu di Sentral, Anda bisa melanjutkan ke penginapan atau tempat lain dengan menggunakan LRT atau Monorail atau taksi.

Waktu perjalanan dari KLIA2 menuju KL Sentral dengan bus sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung kondisi lalu lintas di dalam kota KL.

Begitu keluar dari imigrasi dan kustom, carilah tanda panah yang menunjukkan shuttle bus/couch bus. Adanya di lantai 1, turun 1 lantai dari lantai kedatangan.

Tiket bus bisa dibeli di tempat (di loket-loket yang ada di lantai 1). Saat ini (Desember 2022) harganya 15 RM one way. Untuk jadwalnya, bisa dicek di https://www.skybus.com.my Saya lebih suka beli on the spot saja karena jumlah busnya cukup banyak dan tak perlu khawatir tertinggal.

Taksi Resmi dari KL Sentral

Bus ini akan berhenti di KL Sentral. Dari sana, bisa menggunakan monorail atau LRT untuk mencapai tempat lain. Kalau mau ke bukit bintang, tinggal gunakan monorail yang terhubung langsung dengan KL Sentral ini.

Jika bawaan segambreng dan ingin menggunakan taksi, sebaiknya gunakan taksi resmi, jangan menggunakan taksi yang ditawarkan dekat tempat turun bus.

Cara menemukan taksi resmi: dari tempat turun bus naiklah, lalu jalan lurus sampai menemukan eskalator setelah McD (dan ada tanda panah bertuliskan “taksi”). Naik eskalator,  dan di sebelah kanan sebelum pintu kaca akan ada konter taksi resmi. Belilah tiket taksi di sana.

Harga taksi resmi jauuh berbeda dengan harga taksi tak resmi yang ditawarkan di tempat turun bus. Untuk menuju daerah Bukit Nanas (tak jauh dari Bukit Bintang), supir taksi di dekat tempat turun bus meminta harga 45RM. Padahal kalau taksi resmi, harganya cuma 17RM. Lebih bagus pula taksinya!

Naik Kereta KLIA Express

Image result for klia express
KLIA Express dari KLIA ke KL Sentral

KLIA Express adalah moda transportasi yang paling cepat untuk mencapai kota Kuala Lumpur (KL Sentral), tapi ya itu, harganya lumayan mahal.  Sekali jalan bisa mencapai RM55 alias 200 ribu rupiah. Saya mah sayang duitnya, bisa dipakai buat beli nasi lemak 5-7 kali!

Namun kalau terburu-buru atau takut ketinggalan pesawat, KLIA Express ini bisa jadi pilihan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai KL Sentral dari KLIA2. Letak stasiunnya di KLIA juga lebih dekat ke area departure, kalau dibanding tempat skybus.

Layout plan, level 2 of gateway@klia2 Mall
Lokasi KLIA Ekspress

Lebih lengkap soal KLIA Express bisa dilihat di web resmi mereka ya…

Naik Grabcar

Kalau datang bersama kawan-kawan dan lagi tak pengen repot saya memilih naik Grabcar. Dari bandara ke KL tarifnya 65rm plus tol 10rm. Total 75rm. (Kalau mau cek harga perkiraannya, bisa klik link https://www.grab.com/my/fare-check/ ya)

Aplikasi Grabcar yang dipakai di Indonesia bisa langsung dipakai di sana, tanpa perlu men-setting apapun.

Yang perlu diingat, kebanyakan mobil mereka bentuknya sedan, jadi hanya muat 3-4 orang, plus koper atau tas yang nggak terlalu besar. Ada baiknya, sebelum naik, dicek dulu ke supirnya jenis mobilnya. Jangan sampai ketika mau naik, sopirnya ngomel karena mobilnya terlalu penuh.

Jika lebih dari 3 orang, pilih mobil XL yang kapasitasnya mobilnya lebih besar. Saya belum pernah coba dan tak pernah ngecek juga, karena baru dua kali pesab grab dari bandara dan dua-duanya cuma bertiga.

Comments

  1. Hai kak, maaf mungkin oot dari artikel diatas. kalo syarat masuk malay dari singapore via johor apakah ada syarat khusus yg perlu diperhatikan atau disiapkan kah?

    1. Syaratnya sama aja Mas, tapi imigrasi di sini biasanya lebih ketat ketimbang dari KLIA. Jadi kemungkinan ditanya2in, apalagi kalau usianya produktif, karena akan dicurigain mau kerja di Malaysia (kbanyakan TKI datang dari sini soalnya). Jadi siapin aja tiket pulang, tempat menginap selama di sana, iten. Jadi kalau ditanya bisa jawab dengan meyakinkan.

      selamat jalan-jalan

    1. Untuk sekarang ini, syarat yang diperlukan:

      1. Aplikasi My Sejahtera. Jadi sebelum check-in di Indonesia, mesti donlod aplikasi ini dan isi pre-deparuter form yang ada di aplikasi
      2. Harus sudah vaksin booster, kalau belum vaksin, mesti punya PCR
      3. Punya asuransi perjalanan, walau di sana jg ga ditanyain

  2. Mba dari kl sentral ke petronas pernah sy baca naik mrt di nu sentral..yg sy mau tau nu sentral itu posisinya dimana nya ya terima kasih

    1. Dari Kl Sentral mbak naiknya, naik LRT Kelana Jaya ke KLCC. Kalau NU sentral itu nama mal yang konek langsung ama KL Sentral.

  3. Mbak rahma kalau dari bandara KLIA ada ga bus ke KL Sentral? Atau sy harus ke bandara KLIA2 dulu baru ada skybus ke KL Sentral?

    1. Enak pastinya naik grab, tinggal duduk sampe tujuan. Cuma harganya jauh lebih mahal drpd naik bus. Kalau naik bus, turun di KL Sentral, sambung monorail ke Masjid Jamek.

    1. Halo, dia ada sampe tengah malam dan ada lagi sekitar jam 2an. Buat pastinya, klik link yang ada di atas yaa…

  4. halo kak rahma. aku mau tanya.
    aku berangkat akhir bulan ini. apa aku harus checkin dlu ya baru bisa add on busnya? atau gimana kak?
    makasih sebelumnya

    1. Hai Adhel,

      Ini mksdnya mau beli di Airasia ya?
      Jgn check in dulu, pilih my booking, nanti ada pilihan beli shuttle.

      Kalau ga berhasil, coba beli di redbus (biasanya ada promo jg) atau via webnya skybus aja.

  5. Kak rahma, mau nanya nih.. Kalo kita beli tiket skybus lewat online, nanti kasih taunya gimana ke petugasnya? Kan itu tiketnya berlaku u/ bis di jam berapapun yg penting masih dlm 1 tanggal yah.. Aku soalnya baru mau coba sih.. Biasanya OTR di KLIAnya baru beli..

    1. Kasih liat aja bookingannya di konternya, nanti dituker ama tiket bus. Yup, ga ada jamnya, bebas aja yg penting di tanggal yg sama.

  6. Alhamdulillah setelah baca blog-nya Mba Rahma, saya barusan booking via AA untuk Juli bsk, planning mau jalan sama suami n 3 anak…

    cuma pertanyaanku kl kita mau booking dari KL Sentral ke KLIA2 ga bisa ya Mba melalui AA?
    Soalnya aku planning mau ke Johor Baru naik AA juga tgl 12 Juli nanti…

    1. Bisa mbak, lewat menu my booking. Asal tanggal pemakaian itu sama dengan tanggal penerbangan ya baru bisa dipake.

      Nanti akan dikirimin email baru oleh AA, nah itu dprint dan dikasih liat di loket yang ada di KL Sentral. Nanti ama mereka dituker tiket.

  7. Halo Mbak Rahma,

    sorry neh keluar dari topik. kalau dari KL Sentral ke Genting PremiuM Outlet..
    pesan tiket online bisnya ada ? atau harus di counter di KL Sentral?

    lam kenal..makasih sebelumnya mbak

    1. Halo dan salam kenal juga

      Waah maaf ga bisa jawab pertanyaannya. Saya belum pernah ke genting premium outlet, pernahnya ke Mitsui aja.

    2. Ello..maaf mbak saya coba jawab yaa
      Karna saya pernah betapa di Kl jadi kalau ke genting bisa naik monorel ke bustand pekeliling disana terminal khusus bas tujuan genting

  8. Mba bagaimana cara memesan online tiket skybus airasia seharga 8 RM. Keberangkatan nanti di 26 Januari 2018. Dari klia2 ke KL sentral. Tq

    1. Kalau mau yang 8RM, mesti terbang pake airasia. Nanti di menu mybooking ada tombol add-on, salah satu add on-nya itu adalah skybus. Kalau ga pake airasia, bisa juga beli onlen via website skybus.com.my, tapi harganya 11rm

    2. Mba rahma, kalau untuk pesan grab di mlaaysia kita perlu ganti local sim card malaysia ga yaaa? Atau sim card indonesia kita berlaku juga? Makasih sebelumnya:D

      1. Pesan grab intinya harus ada internet aja karena komunikasi ama supir biasanya cuma chat via app.

        Dapetin internetnya bisa pake paket roaming dr provider simcard indonesia, rental pocket mifi dr indonsesia, atau beli kartu perdana lokal.

      1. Thanks a lot sharing nya mbak
        Mbak,skrg ga bs book skybus di airasia lagi kah? Saya coba tambah add on di my booking cmn ada bagasi,makan,kursi roda sm peralatan olahraga

          1. assalamualaikum mba.. mau tanya, kalau uda beli tiket di website skybusnya kan tidak ada waktu yg dipilih. nah gimana itu mba? apakah tiketnya available untuk di semua jam?

          2. Alaikumsalam

            Iya betul mbak. Bisa dipake di jam kapan aja asal masih di tanggal yang dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!