Summer Bed and Breakfast Banjarmasin: Hotel Retro di Pinggir Sungai Martapura

Banyak penginapan dan hotel di Banjarmasin, namun setelah memilih sana-sini dalam waktu singkat, dengan berbagai pertimbangan yang lebih rumit daripada pilih jodoh (halah), saya akhirnya memutuskan untuk menginap di Summer Bed and Breakfast Banjarmasin.

Tadinya, saya akan menginap di Amaris, salah satu hotel yang masih satu grup dengan tempat saya bekerja. Saya dapat harga murah di sana, lumayan bisa menghemat bujet saya. Tapi ternyata, setelah cek sana sini macam Veni Rose, Amaris ini letaknya jauh dari tengah kota, lebih dekat dengan bandara. Padahal, katanya di sana susah menemukan angkutan umum.

Kalau bertanya kepada beberapa teman, entah kenapa semua menganjurkan membuking kamar di salah satu hotel mahal di pinggir sungai. Saya memang mencari hotel di pinggir sungai karena objek wisata Banjarmasin terpusat di sana. Tapi harganya, ga sanggup kantong saya.

Setelah gugling, sampailah saya ke situs hotel Summer Bed and Breakfast Banjarmasin. Awalnya, saya pikir, hotel ini satu grup dengan yang ada di Bandung. Ternyata bukan oi, (setelah sampai di sana dan sok you know sama Masnya, baru saya sadar, yang di Bandung bukan ini namanya :D). Begitu liat harga, foto kamar, dan lokasinya, tanpa pikir panjang saya langsung booking.

761643_14103115430023107470
Yang ini di area tangga dekat kamar saya.

——–

Hotel Summer Bed and Breakfast Banjarmasin ini letaknya hanya 5 menit dari pusat keramaian Sungai Martapura. Jadi setiap pagi, dipinggir sungai ini ada yang namanya Wisata Pasar Apung Banjarmasin. Walaupun pasar apung yang ini buatan (bukan yang original) dan penuh turis, tapi pedagangnya asli lho. Saya masih bisa belanja buah-buahan serta makan lontong orari di pinggir sungai (yang harganya cuma 7.000 perak, padahal saya nambah ketupatnya lho!). Dan juga wisata kuliner di sana. Yup, kalau malam tiba, di sini ada semacam pusat kuliner. Ada macam-macam makanan khas Banjar, kecuali soto Banjar.

Dari tempat ini pula saya bisa sewa perahu buat menuju Pasar Apung Lok Baitan. Saya mendapat harga Rp300.000 untuk menuju ke sana, hasil share dengan beberapa orang backpacker yang baru saya temui di sana.

Untuk menuju beberapa tempat wisata lain, hotel ini juga tak jauh. Kalau mau ke Masjid, tinggal menyebrangi jembatan. Mau ke Patung Bekantan, juga bisa. Kalau mauu…soalnya saya tak paham apa bagusnya si patung ini. Panas pula.

Selain lokasinya yang strategis, yang saya suka adalah desainnya. Ya,  hotelnya desainnya ala retro modern, tampak beda dibanding bangunan sekitarnya. Banyak spot buat bernarsis ria di sini. Di sebelah kiri, di bawah tangga, ada pojokan bergaya retro lengkap dengan televisi tabung kuno. Di sebelah kanan, dekat lift, ada pojok internet yang di belakangnya dilukis dengan mural. Kece!

DSCF2819.JPG
Lobi Hotel
DSCF2821
Salah satu sudut retro di dekat lift

Desain kamarnya cukup bagus untuk ukuran bujet dengan harga yang tak terlalu mahal. Gayanya minimalis, dengan mural di dinding belakang tempat tidur. Saya kebagian berada di lantai 7 dan dari kamar, saya bisa melihat sungai Martapura.

 

Kekurangannya menurut saya ada pada kamar mandinya, karena tak ada batas lantai antara area shower dan area wastafel. Jadi kalau saya mandi, airnya mengalir sampai ke seluruh kamar mandi.

DSCF2831
Ini kamar yang saya tempati

Yang saya paling suka, di lantai paling atas ada The Poeple’s Place Cafe. Di Jakata juga ada beberapa sih, cuma yang di sini harganya jauh lebih murah. Banget. Dan enaknya, ada outdoor seat area. Kalau malam, outdoor seat area ini keren banget, bisa ngopi-ngopi sambil liat pemadangan Sungai Martapura di waktu malam. Cafe ini juga jadi tempat yang okeh banget sewaktu saya mesti nunggu hujan reda dan mati gaya.

DSCF2848.JPG

 

DSCF3024.JPG
Romantis ya kalau malam…

Summer Bed and Breakfast Banjarmasin.

Jalan Veteran No.3 Banjarmasin

http://www.summerbnb.com/

 

 

 

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s