Short Escape Manila-Bohol: Menuju Intramuros

Mabuhay..

Dibandingkan kawan-kawan saya, saya agak telat mengunjungi Filifina. Alasannya pribadi, tak usahlah saya ungkapkan di sini. Tapi yang jelas, ketika akhirnya saya memutuskan ingin ke Filifina, saya gagal hingga dua kali. Kali ketiga mencoba, barulah saya berhasil menginjakkan kaki di negerinya Pac Man ini.

 

Tiga hari waktu yang saya punya di Filifina. Dengan waktu segitu, saya memutuskan tak hanya berjalan-jalan di Manila, tapi juga mengunjungi Bohol. Ada apa di Bohol? Ada Chocoalate Hill. Ya, chocolate hill alias bukit cokelat. Bukit Teletubbies yang amat terkenal di Filifina.

Karena penerbangan lanjutan ke Taglibaran City (kota di Bohol) masih jam 1 siang, saya memutuskan untuk membunuh waktu yang ada dengan mengunjungi Intramuros, kota tuanya Manila. Untuk menuju ke Intramuros, banyak cara yang bisa dipilih.

  1. Yang pertama, naik taksi. Ini mahal dan rawan scam. Banyak cerita soal turis yang dipaksa membayar lebih oleh supir taksi ketika menuju Intramuros.
  2. Yang kedua, naik grab atau uber. Lebih murah dan gampang.
  3. Yang ketiga, naik angkutan umum.

Saya memilih yang ketiga. Selain karena murah, saya selalu ingin tahu kehidupan masyarakat sesungguhnya. Tak sulit ternyata. Di depan pintu keluar, belok kanan sedikit, ada shuttle bus (airport loop) dengan berbagai rute. Jika ingin menuju ke Intramuros, pilih bus yang menuju Baclaran (EDSA). Tiketnya hanya 20 peso. Sebenarnya ada shuttle bus baru yang langsung menuju Makati, Intramuros, dan beberapa destinasi lain. Tapi harganya mahal (120 peso) dan si petugas tak bisa memastikan kapan bus akan berangkat. Lah, piye..

P_20161003_164138
Ini dia shuttle bus baru yang langsung menuju Intramuros

Airport loop memiliki dua jenis bus, yakni minibus berwarna putih dan agak tua, serta bus besar berwarna merah dan lebih baru. Keduanya sama saja, perusahaan dan harganya juga sama. Hanya nasib saja yang menentukan akan dapat bus yang mana. Dan sialnya, saya selalu dapat minibus yang putih, yang mirip dengan minibus Cengkareng-Citraland yang sering saya lihat saat berangkat kerja.

wp-1477825270821.jpeg
Penampakan belakang airport loop

 

Bus ini akan berhenti di beberapa tempat, dan terminal terakhirnya adalah EDSA. Kalau tak yakin, sebelum naik titip pesanlah kepada supir bus supaya berteriak kalau sudah sampai EDSA. EDSA ini mirip dengan KL Centralnya Kuala Lumpur, di sana ada terminal bus, LRT, mal, dan tempat makan. Tapi jangan bayangkan ini terminal besar dengan bus-bus berderet mirip terminal Blok M atau Kampung Rambutan ya. Apalagi dengan KL Central. Ini cuma terminal bus kecil yang riweh, agak becek, dan penuh orang.

——-
Nah, dari EDSA menuju Intramuros, bisa menggunakan LRT yellow line menuju Central Station. Harganya 20 peso saja. Stasiun LRT ini terletak di sebelah McD, tepat di sebelah terminal bus. Ingat, naik yang yellow line karena di sana ada dua line. Kalau bingung, seperti saya, tanya saja kepada petugasnya LRT mana yang harus Anda naiki menuju Intramuros.

Di dalam LRT tak ada LCD Display yang menerangkan sudah sampai di mana kereta yang saya tumpangi. Tapi ada display rute di atas tempat duduk. Masalahnya, keretanya selalu penuh dan kalau saya duduk (yang ajaibnya selalu berhasil saya lakukan), saya tak bisa lihat display itu. Alhasil, saya hanya mengandalkan orang di sebelah saya (baca: tanya sudah sampai stasiun mana).

Untuk menuju Intramuros, saya turun di Central Stasiun. Dari sana tinggal berjalan kaki selama 10-15 menit. Seharusnya. Tapi saya nyasar hingga akhirnya butuh waktu 30 menit untuk sampai ke gerbang Intramuros. Fiyuh..

Ooya, sebelum naik bus, saya menitipkan barang saya di Manila Airport. Penitipan barang ini ada di belakang Burger King. Jadi dari pintu keluar, ke kanan, lalu belok kanan di belakang Burger King.  Harganya saya lupa, tapi seingat saya tidak terlampau mahal. (kalau mahal, saya pasti bela-belain bawa tas saya ke Intramuros)

P_20161003_112057

 

 

One thought on “Short Escape Manila-Bohol: Menuju Intramuros

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s