4 Situs Penting untuk Travelling

Belasan tahun lalu, ketika saya memulai kegemaran saya travelling, teknologi dan informasi soal travelling belum sederas dan secanggih sekarang ini. Untuk mendapatkan informasi soal Bangkok saja misalnya, saya harus bertanya pada kawan-kawan saya yang sudah ke sana, kasak kusuk di mailist backpacker, dan meminjam peta dari sana sini. Yang paling canggih, membeli buku Lonely Planet yang minta ampun mahalnya.

Sekarang ini, blog-blog soal travelling bertebaran. Pun dengan situs-situs yang membuat travelling makin mudah. Berberapa situs ini bahkan menjadi andalan saya ketika berplesiran, baik ketika membooking pesawat dan penginapan ataupun mencari informasi lainnya. Apa saja itu?

KAYAK.COM

kayak

Ini situs andalan saya untuk mencari harga pesawat. Situs ini menampilkan harga pesawat dari berbagai agen travel online, termasuk harga di situs resmi maskapainya, sehingga saya dapat memilih mana yang termurah. Sebenarnya, ada beberapa situs sejenis ini, namun saya lebih suka menggunakan situs kayak.com ini karena lebih mudah penggunaannya. Ada pilihan multicity juga yang memungkinkan saya mencari penerbangan pergi dan pulang dari kota yang berbeda. Kadang-kadang, situs ini juga menjual sendiri tiket pesawat dengan harga promo yang cukup bersahabat.

Situs lainnya: Skyscanner.co.id, wego.co.id.

ROME2RIO

frontpage

Rome2 Rio (http://www.rome2rio.com/) adalah situs yang sering saya pakai untuk mencari dan membandingkan harga beberapa moda transportasi seperti pesawat, bus, dan kereta. Saya menggunakannya kemarin ketika bertandang ke Eropa. Begitu memasukkan titik awal dan titik destinasi, akan keluar beberapa pilihan moda transportasi yang bisa dipakai berserta harga. Enaknya, situs ini menampilkan peta yang juga disertai dengan jarak tempuh sehingga saya dapat membayangkan sejauh apa nanti perjalanan saya.

Saya sempat mencoba situs ini untuk mencari rute angkutan di Bali. Situs ini ternyata bisa juga digunakan, tetapi moda angkutan yang diberikan tak selengkap di Eropa.

Situs lain yang sejenis ini adalah GoEuro (www.goeuro.com).

BOOKING.COM

boking copy

Situs booking.com (http://www.booking.com/) sekarang jadi andalan saya juga, terutama kalau butuh penginapan untuk mengajukan visa. Di situs ini, rata-rata penginapannya bisa di-cancel sampai batas waktu tertentu, tanpa terkena biaya pinalti. Nah, kalau sedang membuat visa, saya booking asal saja, lalu setelah visa di-approve, langsung saya cancel dan mencari penginapan yang benar-benar akan saya inapi. Harga yang tercantum di sini sudah termasuk harga pajak, jadi tak perlu pusing-pusing lagi menghitung harga totalnya.

Beberapa situs serupa adalah agoda.com, hostelworld.com, hostelbookers.com. Ada pula situs pembanding harga semacam trivago, namun beberapa kali saya gunakan selalu error.

Selain booking.com ini, saya kerap menggunakan situs Airbnb (https://www.airbnb.com/) untuk memesan hotel. Situs ini adalah situs yang berisi daftar rumah atau apartemen yang bisa disewa. Berbeda dengan situs penginapan lainnya, di sini kebanyakan yang disewakan adalah rumah atau apartemen milik pribadi sehingga harganya jauuh lebih murah ketimbang menginap di hotel. Ada pilihan untuk menyewa satu ruangan saja atau seluruh rumah. Jika Anda memilih menyewa satu ruangan itu artinya Anda harus berbagi dengan penginap lain atau malah si pemilik rumah/apartemen.

Saya menggunakan airbnb ketika berpergian ke Guangzhou dan beberapa negara Eropa kemarin. Dengan menyewa apartemen atau rumah, saya bisa memasak dan mencuci, yang seringkali tidak bisa dilakukan di penginapan biasa. Selain itu, saya bisa merasakan bagaimana tinggal di lingkungan perumahan sesungguhnya. Seru!

SEAT61.COM

seat61

Ini adalah situs favorit saya saat mencari informasi soal kereta di berbagai negara. Situs ini cukup lengkap dan detail memberikan informasi, mulai dari kondisi kereta, cara memesan, rute dan harga, dan sebagainya. Situs ini juga merekomendasikan beberapa agen pemesan resmi yang terpercaya.

Saya menggunakannya berkali-kali saat akan membooking kereta di berbagai negara, termasuk kereta di India yang sistem booking-nya cukup membingungkan (baca: Ribetnya Membeli Kereta India). Sangat membantu!

Kalau kalian, situs apa yang penting buat travelling?

Tulisan ini sudah dimuat di Fitur Infokomputer.com http://www.infokomputer.com/2016/06/fitur/empat-situs-penting-untuk-traveling/

 

5 thoughts on “4 Situs Penting untuk Travelling

  1. Hallo Rahma..

    Ternyata kita sama-sama pengguna booking.com ya. Saya masuk ke blog kamu karena lagi cari referensi ke Melaka. Trus, keterusan baca semua postingan kamu tentang melaka, kuala lumpur, dan singapore. O iya, sydney juga aku baca 🙂 how lucky you are, bisa jalan-jalan ke Ausiee karena menang lomba. Seneng bisa nambah teman travel blogger lagi.

    Salam kenal ya 🙂

  2. rahma

    Salam kenal juga Husna…
    .
    Yoih, booking,com emang mantep (hahah..semoga didenger PR-nya terus di-endorse)
    Dah iya, lagi untung banget tahun itu menang beberapa lomba yang hadiahnya ngetrip. Kayaknya dulu saingannya belum sebanyak sekarang 😀

  3. adissama

    hai mba Rahma 😀 aku suka iseng stalking blog nya mba me, kali2 tinggalin komen ah :p
    Rome2Rio emang membantu banget, apalagi dia ada estimasi harga nya juga, jadi ada perkiraan akan habis berapa untuk transport.

  4. Pingback: Empat Situs Penting untuk Traveling | InfoKomputer Online

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s