5 Situs Penting untuk Booking Hotel dan Pesawat

Di zaman serba maju ini, booking hotel dan pesawat tak perlu lagi menelpon, atau mencari tahu situs hotel atau airline yang bersangkutan, lalu membukingnya secara online. Beberapa situs ini membantu saya membooking dan menemukan hotel, pesawat, dan transportasi lain saat saya travelling

Kayak.com

kayak

Ini situs andalan saya untuk mencari harga pesawat. Situs ini menampilkan harga pesawat dari berbagai agen travel online, termasuk harga di situs resmi maskapainya, sehingga saya dapat memilih mana yang termurah. Sebenarnya, ada beberapa situs sejenis ini seperti skyscanner.co.id, wego.co.id, dan sebagainya. Namun saya lebih suka menggunakan situs kayak.com ini karena lebih mudah penggunaannya. Ada pilihan multicity juga yang memungkinkan saya mencari penerbangan pergi dan pulang dari kota yang berbeda. Kadang-kadang, situs ini juga menjual sendiri tiket pesawat dengan harga promo yang cukup bersahabat.

Rome to Rio

frontpage

Rome2Rio adalah situs favorit saya untuk mencari dan membandingkan harga beberapa moda transportasi seperti pesawat, bus, dan kereta. Saya menggunakannya kemarin ketika bertandang ke Eropa. Begitu memasukkan titik awal dan titik destinasi, akan keluar beberapa pilihan moda transportasi yang bisa dipakai berserta harga. Enaknya, situs ini menampilkan peta yang juga disertai dengan jarak tempuh sehingga saya dapat membayangkan sejauh apa nanti perjalanan saya.

Saya sempat mencoba situs ini untuk mencari rute angkutan di Bali. Situs ini ternyata bisa juga digunakan, tetapi moda angkutan yang diberikan tak selengkap di Eropa. Situs lain yang sejenis ini adalah GoEuro (www.goeuro.com).

Airbnb

Airbnb adalah situs yang berisi daftar rumah atau apartemen yang bisa disewa. Berbeda dengan situs penginapan lainnya, di sini kebanyakan yang disewakan adalah rumah atau apartemen milik pribadi sehingga harganya jauuh lebih murah ketimbang menginap di hotel. Ada pilihan untuk menyewa satu ruangan saja atau seluruh rumah. Jika Anda memilih menyewa satu ruangan itu artinya Anda harus berbagi dengan penginap lain atau malah si pemilik rumah/apartemen.

Saya menggunakan airbnb ketika berpergian ke Guangzhou dan beberapa negara Eropa kemarin. Dengan menyewa apartemen atau rumah, saya bisa memasak dan mencuci, yang seringkali tidak bisa dilakukan di penginapan biasa. Selain itu, saya bisa merasakan bagaimana tinggal di lingkungan perumahan sesungguhnya. Seru!

DSCF6590
apartemen sewaan saya di Paris

Contohnya apartemen milik Selo dan Karim di Paris ini, yang saya sewa di airbnb dengan harga $168 untuk dua malam. Letaknya tak jauh dari stasiun MRT, dekat dengan supermarket, banyak stand makanan halal. Karena menggunakan voucher, saya dapat potongan senilai $25, sehingga harganya jadi cuma $143. Dibagi 3 (apartemen ini muat 3 orang), semalamnya saya hanya mengeluarkan uang $24. Kalau dibandingkan dengan hostel jelas ini lebih murah. Saya mencari hostel di Paris, harga per malamnya sekitar $50 per orang. Hotel? Jangan tanya, harganya di atas $100 per malam!

Mau pesan juga lewat airbnb? Klik www.airbnb.com/c/rahmayuliantia?s=8 . Kalau pakai link ini bisa dapat voucher $25, lho!

Hotel Quickly

Ini bukan situs, namun aplikasi yang berguna di saat-saat mepet dan belum mendapat hotel. Aplikasi ini bisa diunduh di hp berbasis android ataupun ios. Sesuai namanya, hotel ini hanya bisa menampilkan daftar hotel beberapa hari sebelum hari H. Harganya tak jauh beda dengan situs lain, namun jika memesannya di hari yang sama, harganya bisa jauh lebih murah. Intinya, makin mepet, makin murah.

Enaknya juga, situs ini memberikan voucher 130ribu bagi yang menggunakan code promo. Saya mendapat kode dari teman saya, dan lumayan sekali bisa menghemat anggaran hotel saya. Jika ingin mendapat potongan harga juga, redeem voucher Rp 130.000 dengan memasukkan kode promo RYULIAN32 ini.

Booking.com

Situs booking.com sekarang jadi andalan saya juga, terutama kalau butuh penginapan untuk mengajukan visa. Di situs ini, rata-rata penginapannya bisa di-cancel sampai batas waktu tertentu, tanpa terkena biaya pinalti. Nah, kalau sedang membuat visa, saya booking asal saja, lalu setelah visa di-approve, langsung saya cancel dan mencari penginapan yang benar-benar akan saya inapi.

Harga yang tercantum di sini sudah termasuk harga tax, jadi tak perlu pusing-pusing lagi menghitung harga totalnya. Beberapa situs serupa adalah agoda.com, hostelworld.com, hostelbookers.com. Ada pula situs pembanding harga semacam trivago, namun beberapa kali saya gunakan, selalu error.

 

 

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s