India Trip: Begini Caranya Membeli Tiket Kereta di India

Banyak jalan menuju Roma. Banyak pula jalan dari Kolkata menuju Sikkim.

Yang pertama, yang paling mahal tapi cepat dan nyaman, tentu saja menggunakan pesawat terbang. Air India, Indigo dan Jet Airways adalah penerbangan-penerbangan yang melayani rute ini.

Opsi lainnya adalah menggunakan kereta. Ya, kereta. India termasuk salah satu negara yang mengandalkan transportasi kereta. Karena ingin merasakan sensasi naik kereta di India, dan mengirit biaya perjalanan yang mulai membengkak, kami mengambil opsi ini. Sayangnya membeli tiket kereta di India ternyata caranya tak mudah, walau ternyata setelah dijalani, tak terlalu susah juga.

Begini cara membeli tiket kereta di India.

1. Buka situs cleartrip.com. Situs ini melayani pembelian online semua rute kereta India. Sebenarnya, situs resmi pemerintah IRCTC (Indian Railway Catering & Tourism Corporation) juga menyediakan jasa pembelian online tiket kereta India, namun pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit American Express. Sementara situs cleartrip menerima semua jenis kartu.

india

2. Buat akun di situs ini terlebih dahulu, bisa dengan memasukkan email atau connect ke facebook. Saya sih menyarankan jangan connect ke facebook, lebih baik daftar via email aja.

3. Setelah buat akun, coba booking tiket kereta. Masukkan kota tujuan yang ingin dibooking. Akan keluar sederetan kereta yang bisa dipilih. Pilih aja yang sesuai waktu yang diinginkan, lalu tekan “check availability”.

Untuk menuju Sikkim, saya harus naik kereta ke New Jaipaiguri. Ada beberapa kereta yang berangkat ke sana. Kami akhirnya memilih Darjeeling Mail karena menurut info, ini kereta terbaik. Hahaha…enggak juga sih, sebenarnya kami pilih kereta ini karena cocok dengan jadwal kami. Darjeeling berangkat pukul 22.00 dan sampai jam 8 pagi, sementara kereta yang lain ada yang berangkat lebih awal, ada pula yang berangkat lebih malam.

india-2

4. Nah, ga seperti di negara lain, untuk booking kereta di India, kita harus punya akun IRCTC. Akun ini bisa  didapatkan dengan mengisi formulir yang keluar begitu tombol check availability ditekan.

5. Isi formulir yang ada. Untuk nama, mereka minta dua kata tapi tak lebih dari 13 huruf. Teman saya punya nama hanya satu kata, jadi di kata keduanya saya isi saja dengan inisialnya. Untuk nomer telepon, mereka minta nomer telepon di India. Nomer telepon ini akan digunakan untuk mengirim SMS OTP (semacam sms untuk verifikasi). Kalau punya nomer India, silakan isi. Kalau tak punya, jangan khawatir, isi saja dengan nomer telepon asal-asalan, yang penting berawalan 9 dan jumlahnya 10 angka, misalnya 9123456789. Zip kode, isi saja asal-asalan juga, toh tak akan berpengaruh.

6. Setelah register, akan ada email balasan dari care@irctc.co.id. Email pertama isinya semacam pemberitahuan kalau registrasi berhasil. Abaikan saja. Email kedua, berisi user id dan password akun, serta pernyataan soal mobile verification code yang akan dikirim via mobile phone. Ada pula link yang bisa diklik, tapi ingat yaa: “jangan klik link-nya!”.

7. Ini yang bikin ribet. Untuk “meresmikan” akun IRCTC, perlu mobile verification code. Nah, kode ini akan dikirimkan via nomer handphone yang tadi dimasukkan ke formulir. Karena nomer tadi adalah nomer asal-asalan, yang harus dilakukan adalah mengirim “email cinta” kepada IRCTC customer care (care@irctc.co.in), disertai attachment berupa scan paspor. Emailnya isinya cuap-cuap aja, minta dikirimkan SMS OTP dan Email OTP. Yang penting ada nama lengkap, tujuan, dan scan paspor yang ga lebih dari 1MB.

8. Setelah itu, mereka akan mengirimkan beberapa email lagi. Email pertama isinya soal mereka telah menerima imel kita dan akan ditindaklanjuti. Email kedua, baru deh berisi mobile verification code (SMS OTP). Biarkan saja dulu hingga menerima email ketiga dengan subject “SUCCESSFUL REGISTRATION….”. Di email ini ada Email OTP.

Berapa lama email ini didapat? Tergantung tingkat keberuntungan, sepertinya. Ada yang dapat sekitar 3 hari, ada yang dalam hitungan jam sudah dapat balasan. Saya, yang keberuntungannya di tengah-tengah saja, mendapat email ini sekitar 1 hari kemudian.

9. Lihat sampai ke bagian bawah email, hingga melihat tulisan ” in order to verify for partner website……” dan ada link. Klik link tersebut. Jika tak bisa, coba klik ini http://www.cleartrip.com/trains/irctc/account/activate. Yang perlu diingat, kode OTP ini semacam kode sekali pakai. Jadi jangan pakai untuk mengaktifkan akun di tempat lain selain di cleartrip.

Kesalahan ini yang saya alami. Karena di email pertama sudah ada link, saya mengganggap itu adalah link untuk mengaktifkan akun IRCTC. Memang benar, tapi hanya untuk akun di website resmi IRCTC. Dan, karena OTP saya sudah terpakai, saya tak bisa mengaktifkannya lagi via cleartrip. Alhasil, saya harus mengirim email ulang ke pihak IRCTC dan mengulangi proses ini dari awal. :((

10. Setelah selesai, langsung deh bisa booking kereta di India.  Oiya, pemesanan kereta ini hanya bisa dibuka di atas jam 12 waktu India. Jam 8-12, sistemnya ditutup.

11. Setelah selesai, pihak cleartrip akan mengirim imel reservasi. Jika statusnya confirmed, artinya masalah Anda beres. Tinggal tunggu hingga hari H. Tapi jika statusnya WL alias waiting list seperti saya, yang harus dilakukan adalah mengecek status setiap saat, masih single atau udah double #eh.

Gimana, ribet kan?

PS: sebelum membeli tiket kereta India ini, saya lagi-lagi berguru dari situs favorit saya: seat61

Comments

1. Oo, itu kayaknya kasusnya sama seperti kasusku. Mau ga mau ulangi langkah nomer 7, kirim email lagi ke mereka minta OTP. Bilang aja, tadi ada kesalahan, dan mesti minta OTP lagi. Cepet kok mereka balesnya.

Semoga berhasil!

1. Ke India beli kereta? Maksudnya beli tiket kereta di India ya…*ghahaha, maap kebiasaan ngedit*

Tapi kalau udah dijalanin, jadinya ga susah kok..