Di Konya, Saya Sholat 6 Kali Sehari !

Tak ada pilihan lain bagi jiwa, selain untuk mengasihi. Namun, pertama kali jiwa harus merangkak dan merayap di antara kaki para pecinta. Hanya para pecinta yang dapat lepas dari perangkap dunia dan akhirat. Hanya hati yang dipenuhi dengan cinta yang dapat menjangkau langit tertinggi. Bunga mawar kemuliaan hanya dapat bersemi di dalam hati para pecinta.

Siapa yang tak kenal Jalaludin Rumi, penyair Sufi yang amat terkenal. Sebait kata di atas adalah salah satu karyanya yang amat terkenal. Kecintaannya kepada Tuhan diabadikannya melalui puisi-puisi yang indah dan pengasingan diri dari kemewahan duniawi.

Walaupun bukan penganut ajaran Sufi, saya bersikeras mengunjungi tempat Rumi dimakamkan, Konya. Di sana ada Mevlana Rumi Museum, museum yang sekaligus makamnya. Nah, di samping museum ini terdapat masjid indah bernama Semiliye Cami.  Begitu melihat masjid yang bergaya Ottoman ini, saya langsung berniat sholat di sini.

camii
Tampak luar Semiliye Cami. Pohon yang melingkar mirip uler di atas pager muter-muter itu adalah ciri khas Konya.

Makanya, begitu keluar dari museum, saya segera masuk ke masjid untuk sholat, jamak zuhur dan ashar. Seusai sholat, saya tidak segera keluar. Saya duduk-duduk, ngaso sambil mengagumi interior masjid yang dibangun tahun 1558 ini. Interiornya memang luar biasa, khas masjid Ottoman yang megah.  Ada kubah besar bertaburan motif-motif indah, ada chandellier besar di tengah masjid. Indah.

Saat saya mengagumi interior masjid dari balik bilik wanita, azan ashar berkumandang. Sama seperti di Indonesia, bilik wanita dan pria dibuat terpisah. Di masjid ini, bilik wanita berada di sudut kiri masjid, dibatasi oleh partisi kayu berlubang-lubang. Ketika azan selesai, saya tenang-tenang saja, sebab saya sudah sholat ashar sebelumnya. Saya akan beranjak keluar ketika serombongan jamaah wanita datang, tersenyum ramah ke saya, menegur dan menepuk-nepuk bahu saya, lalu mengajak saya sholat bersama.

Sebenarnya, saya ingin bilang kalau saya sudah sholat jamak tadi. Tapi saya tak tahu cara mengatakannya. Daripada susah menjelaskannya, akhirnya saya sholat (lagi), berjamaah bersama mereka. Saya jadi sholat ashar 2 kali, dan artinya hari ini, saya sholat sampai 6 kali! MasyaAllah…

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s