Sholat Bisa di Mana Saja

Sebagai muslimah, saya selalu berusaha menjalankan ibadah sholat 5 waktu saya, di manapun saya berada. Termasuk saat saya travelling. Meski kebanyakan negara yang saya sambangi bukan negara yang punya banyak penduduk beragama Islam.

Untungnya, Alloh membebaskan umatnya untuk sholat di mana saja. Tapi tetap saja, itu jadi PR untuk saya.

Saya pernah sholat di dalam tram di Hongkong. Ceritanya, saya bingung mesti sholat di mana, padahal waktu ashar sudah hampir habis. Satu-satunya kesempatan adalah saat saya sedang berada di tram. Untungnya, tram ini bentuknya double decker. Saya mendapat tempat duduk di atas, paling belakang. Itu tempat tersepi karena kebanyakan orang ingin naik di bagian depan. Jujur saja, sih, sholat saya saat itu tak terlalu khusyuk karena saya khawatir saya salah turun!

Sholat yang paling ekstrim saya lakukan di dalam salah satu ruangan di Swedagon Pagoda Myanmar. Walaupun di Myanmar saya masih bisa menemukan masjid, tapi letaknya cukup jauh dari kuil ini. Alhasil, saya mesti merapat ke pinggir dinding dan mencari tempat yang paling bersih. Arah kiblat? Yang penting tidak menghadap ke patung Dewa!

P1380453
Di ruangan ini, sambil menunggu hujan, saya sholat. (At Swedagon Pagoda)

Lain ceritanya saat saya dan seorang kawan yang juga memakai jilbab berkunjung ke Tokyo, Jepang. Di sini, saya lebih sering sholat di taman, mencari tempat yang agak sepi agar tak menarik perhatian. Salah satu taman yang saya jadikan tempat sholat adalah taman Ueno, taman besar yang terletak tak jauh dari stasiun Ueno. Susahnya, taman ini sedang ramai karena banyak masyarakat Tokyo yang menghabiskan sore sambil berpiknik di sana. Alhasil, saya (dan teman saya) jadi sering sholat di dekat pohon, tempat yang paling sepi. Tapi tetap saja, gerakan-gerakan sholat kami yang mirip dengan gerakan sembahyang umat Budha mengundang penasaran anak-anak SD. Mereka bergerombol sambil melihat ke arah kami, bahkan ada yang diam-diam memoto kami. Mungkin mereka penasaran, kok sholatnya ke arah pohon? 😀

P1380351
Salah satu sudut di Ueno Park.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s