Berkenalan dengan Kehidupan Muslim Myanmar

Selain mendapatkan pemandangan-pemandangan eksotis di Mandalay, di sini kami memperoleh kesempatan bertemu keluarga penganut Islam di Mandalay, dan merasakan sedikit kehidupan mereka, kaum minoritas di tengah umat Budha.


Menurut Wikipedia, umat Islam di Myanmar hanya sebesar 4 persen dari seluruh jumlah penduduk Myanmar. Kebanyakan umat Islam ini merupakan keturunan dari bangsa Persia, India, dan Arab. Seperti halnya Abdu Hamed, pria keturunan Melayu-India yang mengenalkan saya pada kehidupan Islam di Myanmar.

Hamed adalah seorang supir taksi yang mangkal di depan hotel kami di Mandalay. Kami menyewa taksinya untuk berkeliling Mandalay. Yang membuat saya menyewa taksinya ialah kalimat pertama yang ia ucapkan. Berbeda dengan supir taksi lain yang langsung bertanya “Where do you wanna go?”, Hamed malah berkata “Assalamualaikum, ya ukhti. Do you wanna pray?”

Saya menjelaskan bahwa kami ingin berkeliling Mandalay. Berhubung kami sudah check out dari hotel, saya mengatakan bahwa nantinya, sepulangnya dari U-Bein Bridge, saya memang akan mencari tempat sholat. Seusai mengantarkan saya ke U Bein, Hamed pun mengajak saya ke rumahnya, karena ternyata kebanyakan masjid di Myanmar tidak diperuntukkan untuk wanita.

Berbeda dengan umat muslim di Indonesia, umat Islam di Myanmar menganut mahzab Hambali, yang menganjurkan kaum wanita untuk sholat di rumah. Alhasil, tak akan ada masjid yang menyediakan ruang khusus untuk wanita, seperti halnya masjid-masjid di Indonesia.

Rumah Hamed terletak tepat di depan masjid, di sebuah gang sempit yang seluruhnya dihuni oleh umat Islam. Rumah ini, seperti rumah-rumah lain di gang itu, terdiri dari dua lantai. Lantai pertama terbuat dari batu bata yang diplester kasar, sementara lantai kedua terbuat dari tripleks yang dicat dengan warna cerah.

Endy, saya, keponakan, dan ibunda Hamed

Di dalam rumah yang tak terlalu besar ini, Hamed tinggal bersama istri dan kedua anaknya yang masih duduk di bangku SD. Di rumah itu juga terdapat kedua orang tua Hamed: sang ayah yang berwajah India, dan sang ibu yang nampaknya turunan bangsa Melayu. Ada pula adik kandung Hamed, yang tinggal bersama suami dan kedua anak mereka yang masih kecil.

Nuansa Islam terasa kental di sini. Di dinding rumah terdapat banyak tulisan kaligrafi dan lukisan bergambar Ka’bah. Lukisan Kabah itu ternyata baru saja dipasang, sebagai pengingat kalau tahun ini ibunda Hamed akan berangkat menunaikan haji ke Tanah Suci.

Di ruang tamu terdapat banyak buku-buku berbahasa Arab, termasuk salah satunya Al Quran besar yang selalu digunakan ayahanda Hamed untuk mengaji.

Keramahan keluarga ini begitu terasa. Sayangnya, hanya Hamed yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Melayu dan Inggris. Anggota keluarga lain hanya tersenyum, menyambut kami dengan pelukan hangat dan makanan yang tersaji lengkap di lantai rumah.

Ya, mereka memaksa kami makan bersama. Untunglah, sebelumnya kami telah menyantap makanan di restoran halal yang tak jauh dari hotel. Kami tak perlu menghabiskan jatah keluarga itu, yang nampaknya memang tak terlalu banyak.

Saya dan salah satu tetangga Hamed.

Selain keluarga Hamed, para tetangga yang ada di kawasan itu juga sangat ramah. Setiap orang menyapa kami, mempersilakan kami masuk ke rumahnya. Andai saja saya tak terburu waktu, pasti sudah saya sambangi satu persatu.

Hamed juga mengajak kami meninjau sebuah madrasah kecil yang ada di Mandalay, tak jauh dari hotel kami berada. Tak sengaja memang. Saat itu, Hamed mengajak kami makan malam di salah satu restoran muslim. Ketika makan, tak sengaja saya mendengar lantunan ayat AlQuran. Saya pun bertanya sumber suara itu dan meminta Hamed mengantar saya ke sana.

Ruang kelas besar di madrasah

Ternyata, lantuanan suara itu berasal dari sebuah madrasah. Madrasah kecil ini memiliki dua ruang, dengan jumlah murid tak kurang dari 1.000 orang.

Di ruang pertama, saya melihat para lelaki kecil sedang berusaha menghafal Al Quran, dipimpin oleh ustad muda yang kelihatannya berasal dari Tanah Melayu. Ruang kedua, yang lebih besar, diperuntukan untuk mengajar bahasa Arab dan Al Quran. Bocah-bocah berpeci dan berkerudung, namun mengenakan tanaka, terlihat memenuhi ruang kelas ini.

Menurut Hamed, madrasah ini adalah milik masyarakat muslim Mandalay. Siapa saja boleh bersekolah di sini, dengan gratis. Pelajaran dimulai di sore hari, setelah mereka menyelesaikan pelajaran di sekolah umum. Guru-guru yang mengajar pun tidak dibayar, mereka adalah sukarelawan yang memang berniat tetap menanamkan pengetahuan dan ajaran Islam di tengah anak-anak muslim Myanmar.

Saya bertanya, sulitkah menjadi muslim di tengah kepungan umat Budha? Hamed menjawab, walaupun terkadang meraka mendapat tekanan, mereka semua berani menunjukkan jati diri mereka sebagai muslim.

Hamed misalnya, meletakkan tasbih di taksinya. Istri dan ibu Hamed, sehari-harinya menggunakan jilbab. Ayah Hamed, menggunakan kopiah dan berjanggut panjang. Jumlah madarasah dan masjid di Mandalay pun cukup banyak, sehingga umat Islam di sana tidak kesulitan menjalankan ibadahnya.


Sayangnya, saya tak bisa tinggal lama di sini. Begitu selesai makan, saya harus kembali ke stasiun bus. Saya mesti kembali ke Yangon dan terbang ke Jakarta.

Ternyata, bukan hanya Hamed yang mengantar saya dan kawan saya. Sang istri, keponakan, dan anaknya juga ikut. Hamed tak meminta bayaran untuk ini. Saya jadi terharu, akhirnya saya memberikan jilbab, yang baru saya beli di KL dan belum saya pakai, untuk istri Hamed.

Ah, moslem brotherhood amat terasa saat itu.

Note: di dekat hotel garden cukup banyak tempat makan halal. Jika bingung, tanyakan saja pada tukang taksi yang mangkal di depan hotel. Kebanyakan dari mereka adalah umat Islam, dan dengan senang hati menjawab pertanyaan.

Update: di tahun lalu sempat terjadi pertikaian antara umat Budha Mandalay dengan umat Islam. Saya tak tahu lagi kabar keluarga ini karena saya tak punya nomer mereka

BACA JUGA: NAIK BUS MALAM DI MYANMAR

Comments

  1. Kalau di kota Yangoon ada beberapa mesjid sih ya buat pengunjung muslim. Nah untuk kota-kota lain ini yang agak susah sepertinya. Saya baru tahu ada komunitas muslim juga di Mandalay (bahkan ada yang bisa bahasa melayunya), kirain hanya di Yangoon aj. Semoga mereka baik-baik aja.

    1. Waktu aku ke sana, masjid di Yangon juga ga buka buat cewek. Tapi sekarang katanya udah ada ya? Alhamdulillah deh ga susah nyari tempat solat

      1. Waktu terakhir ke Yangoon sempat nyobain 2 mesjid. Yang satu ada jemaah wanitanya sementara yang satu lagi masih ngga ada Mba, hehe.

  2. mba mau bertanya apakah untuk tahun 2018 ini sudah amankah untuk backpacker ke myanmar? karena saya berdua dengan teman saya yang berjilbab

    1. Aku solatnya dmn aja seketemunya. Ada yang di kuil, ada numpang di rumah makan muslim. Ada yang numpang rumah org. Tapi kmrn temenku yg baru ke sana bilang, ada bbrp masjid yg udah bolehin perempuan solat dsn.

  3. Jadi penasaran sama nasibmereka yg di mandalai itu mbak, apa madrasahnya masih berjalan, apa kabar dengan supirtaksi dan keluarganya?

    1. Saya juga penasaran. Tapi sayangnya, saya ga punya kontak mereka sama sekali. Waktu saya ke sana, jangankan hape, telpon aja jarang yang punya. Apalagi internet.
      Semoga mereka baik-baik aja…

  4. Hi mbak rahma, saya indika
    saya baru ini baca blog mbak rahma hehe. saya mw minta pendapat, saya mau ke myammar juga, rencananya agustus nanti. dan saya berjilbab, seperti mb rahma juga. Saya ke sana berdua sama teman, tapi teman saya tidak berjilbab. Pas beli tiket, kejadian pembantaian suku rohingya belum kenceng. jadi saya merasa its okelah kesana. Tapi sekarang kayaknya issue itu main kenceng. menurut mbak rahma, sebaiknya gimana? Apakah mendi saya cancel aja atau tetap ke sana tapi menghindari daerah tertentu? Dari yg saya baca, pembantaian yg terjadi dibiarkan oleh pemerintahnya. Saya jadi ngeri sendiri.
    Pls advise ya mbak. Terima kasih

    1. Halo Indika, saran saya sih tetep aja jalan ke sana. Saya ke Myanmar saat mulai berita tentang Rohingya, ada 2 teman yang langsung batalin perjalanannya. Saya tetap pergi, bismillah deh.

      Daerah Bagan dan Yangon relatif aman, kok. Mandalay, yang saya datangi kemarin ini, sempat bergejolak juga. Ada perang dengan umat Budha di sana. Kalau Indika ragu, saran saya ga usah ke Mandalay. Ke Bagan, Yangon, dan Inla Lake aja. InsyaAlloh aman..

      1. Jadi mending saya lanjut aja ya mbak?
        Makasih mb sarannya.
        Rencana awal sih mw ke mandalay, bagan sama yangon, tapi better yg mandalay saya cancel aja kalo gitu
        Tapi saya mw nanya lagi, kmrn saya baca ada artikel tentang wartawan yg dipersulit krn dia berjenggot (semacam memperlihatkan kalau dia Islam),apakah kmrn pas mb rahma ke sana juga dipersulit? Karena mbak rahma kan juga berjilbab. Atau petugasnya cuek2 aja? Trus gimana dengan org2nya?

        1. Wartawan, Islam atau nggak, emang susah dapet visa. Aku juga wartawan, jadi harus bikin semacam surat pernyataan kalau aku di sana ga akan meliput apapun. Tapi di sananya ga ada masalah kok, mereka orang yang ramah-ramah, apalagi kalau tau kita orang Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!