All about Hongkong

Hongkong memang kini jadi salah satu destinasi incaran wisatawan dari Indonesia. Selain bisa memuaskan nafsu belanja, Hongkong bisa menjadi titik untuk mengunjungi beberapa kota di Cina.

Saya sudah dua kali mengunjungi Hongkong. Sebelum berangkat, saya sempat mem-browsing sana-sini plus mencari-cari info-info di milis backpacker, Inilah hasilnya.

PS: Kalau mau lihat ulasan lebih lanjut soal perjalanan saya di Hongkong, klik aja kategori Hongkong https://jilbabbackpacker.com/category/hongkong/. Di sana sudah saya tulis semua yang saya tau soal Hongkong 😛


WHERE TO GO

Ladies Night Market

Ada di daerah Kowloon, tempat belanja murah, baju cewe dan oleh2. dekat situ ada Temple Street Market yang jual baju2 cowo.
How to get there: Ladies Night Market ada di  Thung Choi Street, dekat MTR Mong Kok. Temple Street Market dekat MTR Jordan.
Tips: Hati-hati ditipu pedagang, dikasih uang receh yang udah ga berlaku lagi.

Lantau Island

– Liat Big Buddha di Po Lin Monastery (naik 224 anak tangga), Ngong Ping Village, bisa shopping di Tung Chung City Gate Mall (nyambung dengan stasiun, ada banyak branded FO, ada foodcourt), ke Tian Tan Buddha Statue, Wisdom Path.
How to get there: naik MTR jalur merah, turun di stasiun Laiking, sambung ke jalur oranye ke Tung Chung. Turun, ikuti arah tanda ke cable car Big Buddha (ada di samping mall), beli tiket pulang-pergi (ada diskon buat pemilik tiket MTR day pass, harga sekitar 160$HK pp), car terakhir jam 17.00

Harbour City

– Pertokoan dekat dengan pelabuhan ferry, mal terbesar di HK.

The Peak (Victoria Peak)

– Puncaknya HK, ada museum Madame Tussauds (tiket masuk 140$HK), pertokoan, Peak Tower (ada Sky Terrace), Peak Galeria.
How to get there: Bisa naik Green Bus (tiket 7$HK) dari Tsim Sha Tsui (di Kowloon), bis nomor 15 (9,5$HK) dari Exchange Square di deket stasiun MTR Hong Kong, atau trem (22$HK) dari Central.

Tips:
– Pas ke Victoria peak, pergilah naik trem dan pulangnya naik bis biar bisa melewati jalur berbeda. Di trem, duduklah paling belakang untuk dapat lebih menikmati indahnya pemandangan.
– Bisa beli tiket tram+sky terrace+madame tussaud, seharga HK$ 170 (lebih murah ketimbang beli satu-satu).
– Siapkan baju hangat karena dingiiin.

The Avenue of Stars

–Area di pinggir laut. Di sana ada cetakan tangan para pesohor di dunia film HK, ada patung Bruce Lee, bisa beli suvenir Jackie Chen atau Bruce Lee. yang paling okeh adalah Symphony of Light di seberang lautan, berlangsung setiap malam jam 8 teng.
How to get there: dekat pelabuhan Tsim Sha Tsui di Kowloon.

Central Market

–Ada eskalator terpanjang di dunia sepanjang 800 m, menghubungkan daerah Central dengan pemukiman di daerah Mid Level.
How to get there: dari pelabuhan star ferry , jalan kaki menuju Central Market, dari situlah ekskalator bermula.

Causeway Bay
–Pertokoan, di dekatnya ada Queens Road dan Hollywood Road, ada IKEA, Jardine’s Bazaar.
How to get there: ada di Hong Kong Island

Disneyland
– Harga tiket 350$HK, buka jam 10 tutup jam 5 sore.
How to get there: Naik MTR ke arah Tung Chung. Di stasiun Sunny Bay, ada kereta khusus Disney yang akan menjemput.
Tips:
– Beli tiket masuk Disneyland di stasiun Central saja, karena loket tiket masuk di depan Disneyland pastinya ngantri banget.
– Umpetin botol minuman pas masuk, karena ada pemeriksaan.

Cadangan:

– Kowloon Public Pier  tempat untuk duduk-duduk nyaman (terutama pagi dan sore) sambil memandangi gedung-gedung tinggi HK.
– Ada mie enak banget di restoran Ichang Street Tsimshatsui Kowloon.
– Victoria Park

Tips:

-Hong Kong Tourism Board Visitor Information Service ada di:

  1. 1. Hong Kong International Airport, Transfer Area E2 dan Buffer Halls A & B Arrivals Level Terminal I.
  2. 2. Lo Wu Arrival Hall,2/F Lo Wu Terminal Buiding.
  3. 3. Hong Kong Island MTR Causeway Bay Station (dekat Exit F).
  4. 4. The Peak Piazza (di antara The Peak Tower & The Peak Galleria).
  5. 5. Kowloon, Star Ferry Concourse Tsim Sha Tsui.

– Dari Kowloon ke HK hanya butuh menyeberang pakai Ferry yang mondar-mandir setiap tiga menit. Biayanya sekali jalan 2,7$HK. Beli tiketnya antri di depan mesin, jaraknya skitar 15 menit, buka 24 jam.- Hati-hati kena tipu orang yang berlagak jadi peramal saat berada di taman di Kowloon, HK, dan Avenue of Stars. Pelakunya umumnya lelaki India muda.
– Kalo booking kamar go show, jangan ragu-ragu menawar dulu.
– Pas tuker duit, itung jumlahnya. Ada kasir yang pura-pura bego kasih uang yang kurang.
– Belilah Octopus Card. Sangat mandraguna, bisa buat belanja di toko-toko yang ada tanda Octopus, naik MTR, bis, makan di KFC, McD, dll.
– Hongkong terdiri dari 4 teritori: Hongkong Island, Kowloon, New Territories, dan Outlying Island. Antarteritori dihubungkan oleh ferry (namanya Star Ferry, tarif skitar HK$ 5), bus (melewati jembatan), dan MTR. Hongkong Island bisa disebut pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Sedangkan Kowloon bisa disebut pusat hiburan, karena di sana banyak sekali hotel. Airport dan Disneyland adanya di Lantau (Outlying Island), lumayan jauh dari Hongkong Island ataupun Kowloon.
– Tiket airport ekspress train adalah HK$ 50. bisa juga naik airport bus. Kalo dari daerah Tsim Sha Tsui, naik bus A21.
– Harga hotel di Kowloon lebih murah ketimbang HK.

Hostel/hotel di HK:

– Chung Kiu Inn –> ada di Lt 15 Hongkong Mansion, dekat stasiun MTR Causeway Bay.
– Taiwan Hotel Block (A,3 rd Floor, Chungking Mansion, 36-34 Nathan Rd Kowloon) –> 10 menit jalan kaki dari pelabuhan ferry Tsim Sha Tsui. Dekat Avenue Star dan MTR Tsim Tsa Tsui Station. Berada di area pertokoan. Kamarnya mungil banget tapi bersih banget. Tapi terletak di wilayah rawan, ada banyak orang item dan indihe.
– Chungking House (juga di Chungking Mansion, Lt 4 dan 5).
– Kowloon New Hostel (di Mirador Mansion, Nathan Road).
– Prudential Hotel (juga di Nathan Road) –> di lantai bawah ada MTR Jordan Station, dekat Temple Street.
– Dragon hotel (www.dragonhotel.com) –> di daerah Canton Street.
– Guesthouse punya orang Indonesia (kontak Ibu Lili di +852 28949328/25648041 atau ponselnya +852 61288957 –> di daerah Causeway Bay, di belakang Sogo, deket banget dengan MRT dan pusat perbelanjaan, juga Victoria Park.
– yessin hotel http://www.yesinn.com/

Cat: dari semua ini, yang pernah saya inapi ialah Chungking Mansion dan Gusthouse punya Ibu Lili. Untuk lihat preview saya soal Chungking, klik di sini. Soal guesthouse, kilik yang ini. Sementara soal yessin, teman saya pernah menginap di sana dan komentarnya: okeh!

 

Comments

  1. Mbak Ria, yg barusan jalan2 ke HK ngirim imel ini ke aku. AKu share di sini yah..
    ————————————————

    Aku baru balik nih kemarin.
    Aku suka bangeettt sama macau….jatuh cinta sama kota itu….cuma sayang sedikit banget yg bisa bhs inggris.
    Finally aku selamet melewati jadwal sholat. Aku buat jadwalnya biar bisa di jamak 🙂
    Cuma masalah makan aja deh yg “bismilah” karena biar pesen gak pakai babi tapi tetep aja aku gak yakin itu halal atau engga.Kalau mau makan di warung2 halal agak susah juga krn tempatnya cukup sedikit.
    Btw liburan aku sebenarnya menyenangkan sekali. Hanya aku ada masalah pas pulang dr HK ke Jakarta. Seharusnya aku naik mandala tgl 19 Oct jam 23.10 tp sekitar jam 8-an aku baru dpt SMS kalo pesawatnya di cancel karena operation reason. Karena byk yg complaint akhirnya mereka kasih kita penginapan semalam (tanpa makan pagi) + uang makan HK$ 35 (which is makanan harga segitu agak susah ya di airport untuk jam segitu). Kita semua besok pagi disuruh ke macau menggunakan ferry (biaya sendiri) untuk terbang ke jakarta dari macau. Ternyata dari semua org yg sudah sampai macau tidak semua bisa terangkut. Jadi mereka disuruh nginap satu malam lagi untuk berangkat lagi ke HK menggunakan ferry (lagi2 dgn biaya sendiri).
    Aku dan beberapa penumpang lain ambil keputusan untuk go show dan cari airlane lain untuk balik ke jkt karena mandala sama sekali tidak bisa memberikan jaminan seat untuk balik dari HK ke jkt. Akhirnya aku dan beberapa penumpang lain kembali ke jkt naik air asia, dengan menambah cost yg jauh lebih mahal dari biasanya. Dan saat ini aku lagi berjuang minta hak uang ku dikembalikan oleh mandala tp belum ada kepastian.Maksud hati ingin direct lgs ke jkt biar lbh cepat, eh malah terkatung2 gak jelas di negara orang.

    Lesson yg bisa diambil disini, jika mau pergi ke manapun jgn menggunakan pesawat yang jam terbang nya tidak setiap hari. Cari penerbangan yang reputasi & servicenya cukup baik.

  2. avenue of star itu adanya di Kowloon, sementara Disneyland itu adanya di Lantau (Outlying Island), satu pulau dengan Ngo Ping dan airport. Kalau naik kereta, kira2 abis waktu 30-45 menit deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!