Vietnam, A Growing Country

“Ngapain ke vietnam, sama aja ama Indonesia” tutur salah teman ketika gue menceritakan ihwal niat berkunjung ke Vietnam. “Justru itu, gue penasaran. Kenapa negara yang baru aja merdeka itu, yang katanya alamnya mirip ama Indonesia itu, bisa ngundang bule-bule tuk dateng ke sono”, jawab gue. Alasan yang gue ada-adakan sebenarnya, karena alasan gue ke vietnam bukan itu. Gue (lagi-lagi) mengunjungi satu negara karena ada penerbangan Airasia ke sana. In the name of irit.
 
Tapi ternyata, jawaban gue atas pertanyaan temen gue itu ada benernya juga. Vietnam, negara yang baru lepas landas beberapa tahun kemaren, ternyata setiap tahunnya dikunjungi turis banyak banget. Padahal, luas Vietnam ini hanya 331 km2 ( 1/7 wilayah Indonesia), dan wisata yang dijualnya “hanya” masyarakat dan alamnya. 

—-

Dua minggu sebelum berangkat, gue ngecek keadaan cuaca di Hanoi. Tertulis saat itu udara di sana 11 derajat. Hm…dingin nih. Gue udah bersiap membawa jaket tebel gue, yang gue pake waktu ke Bromo. Baju-baju pun gue udah pilih yang tebel.

Seminggu sebelum hari H, gue cek lagi cuaca di sana. Loh, kok cuacanya meningkat drastis, jadi 29-33 derajat. Karena penasaran, gue buka semua situs cuaca di dunia. Mulai dari BBC, hingga yahoo weather. Semua menyatakan hal yang sama. Alhasil, jaket tebal pun dilungsurkan.

Sehari sebelum berangkat, gue mericek lagi. Siapa tahu udara lebih bersahabat. Ternyata, tetap sama: 27-30 derajat. Malah ada sebuah situs yang menyatakan udara di sana mencapai 36 derajat. Panas! Gue pun memilih untuk membawa baju-baju yang lebih tipis.

Tapi ternyata, bukan matahari yang menyambut gue di Hanoi, melainkan angin dingin yang membuat gue mesti merapatkan jaket. (Untung gue bawa jaket setengah tebel buat di pesawat). Ternyata, suhu di sana sekitar 13-14 derajat. OMG, saltum!  BBC tak bisa dipercaya.

Bagaimana cerita gue dan kawan-kawan di Hanoi? Simak postingan berikutnya ya…

Baca juga: Tip Memilih Taksi di Hanoi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!